Kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil wajib dicukupi karena kebutuhan ibu hamil harus bisa menutrisi janin yang ada di dalam kandungannya. Jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi sebab jika sampai kekurangan nutrisi janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga terkena komplikasi. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi ibu hamil menjaga asupan nutrisinya.

Asupan nutrisi banyak didominasi oleh makanan. Jika ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, ada baiknya menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsinya. Mungkin hal ini akan sulit bagi ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Namun yang namanya nutrisi haruslah dipaksakan. Agar kondisi ibu hamil tetap sehat dan terjaga. Mari kita mengenal lebih jauh tentang apa itu nutrisi.

Pengertian Nutrisi

Banyak ibu hamil yang mendengar kata nutrisi, namun mereka tidak tahu apa itu nutrisi sebenarnya. Sebenarnya apa itu nutrisi?. Berikut ini adalah pengertian nutrisi :

  • Nutrisi adalah zat gizi yang terdapat pada makanan dan dibutuhkan oleh tubuh.
  • Nutrisi banyak dibutuhkan oleh banyak organisme untuk bisa tumbuh dan juga berkembang dengan baik sehingga organisme tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Pengertian Nutrisi Menurut Medis

Menurut para ahli medis pengertian nutrisi adalah berikut ini :

  • Nutrisi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh agar bisa menjalankan fungsi nutrisi tersebut sebagai sumber energi. Energi inilah yang akan membuat makhluk hidup bisa melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya.
  • Nutrisi adalah kebutuhan utama bagi pasien yang mengalami malnutrisi, pasien yang mengalami kritis nutrisi enteral.
  • Nutrisi merupakan sebuah proses yang terjadi pada tubuh manusia dimana tubuh manusia memerlukan makanan dalam pembentukan energi dan sumber kekuatan.
  • Nutrisi adalah zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara normal.

Nutrisi Sangat Dibutuhkan Bagi Ibu Hamil

Mungkin banyak ibu hamil yang bertanya-tanya, mengapa nutrisi begitu penting bagi kehidupannya. Banyak pengetahuan ibu hamil yang masih sedikit sekali tentang nutrisi ini dan sedikit sekali kesadaran ibu hamil dalam mengkonsumsi nutrisi yang cukup dalam masa kehamilannya. Hal tersebut banyak disebabkan banyak ibu hamil yang tidak mengetahui apa fungsi dan peran dari nutrisi yang dikonsumsinya. Jika ibu hamil tahu manfaat dan fungsi dari nutrisi tersebut, maka kesadaran ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi semakin meningkat. Berikut ini peran/fungsi dari nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil :

  • Nutrisi sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan juga janinnya. Terutama nutrisi yang ada pada vitamin dan juga mineral.
  • Nutrisi yang ada pada protein berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah bagi janin dan ibu hamil. Ibu hamil yang kekurangan nutrisi terutama nutrisi protein akan mengalami anemia. Darah merah dalam ibu hamil dibagi menjadi dua yaitu untuk janin yang dikandungnya dan juga untuk dirinya sendiri. Jika kekurangan protein tentu ibu hamil akan mengalami anemia.
  • Nutrisi bermanfaat dalam pembentukan energi bagi ibu hamil. Dalam masa-masa ngidam, ibu hamil selalu menolak makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, ibu hamil yang ngidam akan terasa lemas sepanjang hari. Hal itu dikarenakan ibu hamil kekurangan nutrisi berupa karbohidrat / zat energi. Agar tetap memiliki energi ibu hamil tetap dipaksa untuk makan makanan yang bernutrisi agar tidak lemas dan lesu.
  • Nutrisi bermanfaat dalam membentuk cadangan energi di dalam tubuh ibu hamil. Sehingga ibu hamil yang tidak mengkonsumsi karbohidrat sekalipun jika memiliki cadangan energi yang cukup masih memiliki energi untuk melakukan aktivitas.
  • Nutrisi bermanfaat dalam pembentukan dan penyempurnaan kulit janin. Fungsi tersebut akan ditemukan pada nutrisi vitamin A, vitamin A juga sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang janin.
  • Nutrisi yang ada pada vitamin C bermanfaat dalam mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi bermanfaat dalam memproduksi sel-sel darah merah. Sehingga sel darah merah atau hemoglobin ibu hamil dalam jumlah yang cukup. Batas HB bagi ibu hamil minimal adalah 11,5.
  • Nutrisi yang ditemukan dalam vitamin D sangat bermanfaat bagi penyerapan kalsium bagi ibu hamil dan janin. Manfaat kalsium bagi ibu hamil dalam memperkuat tulang ibu hamil dan pembentukan tulang bagi janin. Ibu hamil akan menanggung kandungan yang semakin berat, oleh sebab itu diperlukan tulang yang kuat dan kokoh untuk menanggung kandungannya tersebut.
  • Nutrisi berfungsi sebagai pembentukan saraf pusat pada janin, membentuk migrasi dari sel-sel otak, pembetukan sistem pembuluh darah dan juga pembentukan arteri.
  • Nutrisi bermanfaat bagi pembentukan gigi janin. Sehingga ketika bayi lahir nanti pertumbuhan giginya tidak akan terganggu atau tumbuh dengan lambat.
  • Nutrisi yang ditemukan pada vitamin B sangat bermanfaat bagi pembentukan sistem jantung agar dapat berfungsi secara normal.
  • Nutrisi yang ada pada asam folat sangat diperlukan oleh janin dikarenakan dengan asam folat tersebut ibu hamil akan terhindar dari anemia megaloblastik dan juga bermanfaat dalam menurunkan kadar bernama homosistein dalam darah ibu hamil. Ibu hamil rentan untuk terkena gejala eklamsia dan juga preeklamsia, sehingga diperlukan asam folat untuk menghindari gejala tersebut. Gejala tersebut banyak yang menyebabkan ibu hamil mengalami kematian setelah melahirkan. Untuk janin, manfaat asam folat berfungsi sebagai pembentukan sumsum di bagian tulang belakang serta tabung otak janin. Asam folat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi lahir dengan kecacatan otak dan juga kecacatan tulang belakang. Tidak hanya itu saja asam folat juga bermanfaat untuk menghindari bayi dengan bibir sumbing, keterbelakangan mental atau down sindrome dan bayi lahir dengan cacat fisik.

Kapan Nutrisi Diperlukan?

Setelah mengetahui fungsi dan peran dari nutrisi untuk ibu hamil maupun janin. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kapan nutrisi tersebut diperlukan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bermain logika. Janin di dalam tubuh ibu hamil tidak akan berhenti bernafas, janin tidak akan berhenti tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar. Maka selama itulah janin memerlukan nutrisi sebagai penunjang pertumbuhannya dan perkembangan janin agar menjadi normal dan sehat.